Buku itu bernama “Your Job is not Your Career”

Standar

Hari jumat kemarin, aku temenin salah satu temenku, Amanda, ke tempat nasabahnya di daerah sunter. Di perjalanan, aku sempet bilang kalo aku kok pengen ke toko buku yah. Dan bener aja, di perjalanan pulangnya ke kantor, aku sama dia berhenti di sebuah tempat untuk realisasikan keinginanku. Hihihii,, maap ya pak bos! Kami berdua lagi nakal. Hehehe..

Yap, inilah dia. Perburuan mencari buku pun dimulai.

Kutelusuri satu demi satu rak buku yang ada di sana. Siapa tahu ada buku yang bisa mengalihkan duniaku. Hayyah,, lebaynyaa.. But, belum ada yang menarik euy. Sampe2 si Amanda ini, nyeletuk n bilang kalo tadi dia nemu buku bagus, pengen beli deh katanya. So, berpalinglah kita berdua ke tempat buku itu. Yang bener aja, harganya mahal banget boo.. 72 ribu rupiah. Wedeww..

Your Job is not Your Career

Amanda : “Kayanya bagus, put. Tapi mahal. Beli nggak yaa?
Aku : “Udah, beli aja. Buat investasi ini.”
Amanda : “iya juga sih. Ntar kalo aku udah selese baca, anak2ku bisa baca deh.”
Aku : “Hahaa.. Iya, ya. (sambil putar-putar bukunya). Jadi pengen beli juga.”
Amanda : “Ya udah, beli gih. Kalo kamu beli, aku juga beli deh.”
Aku : “Wedeh,, tapi mahal, man.. Huhuhuu..”
Amanda : “Tadi bilangnya itu investasi…”
Aku : “Hmm,, gimana kalo kita patungan aja. Kan bukunya ada dua tuu, kita pegang masing-masing satu. Kalo udah selese baca, tinggal gantian deh.. Hehee”
Amanda : “Mmm,, beli sendiri-sendiri aja deh..”
Aku : “Uwaa,, tapi cash flow ku.. hikss..”

Oh,, dengan bujuk manis nan maut plus menggoda dari Amanda, akhirnya aku tergoda, sodara-sodara!! Finally, aku dan dia pun jadi beli buku itu. Hmm,, jadi penasaran sama isi bukunya. Sebagus apa sih, sampe harganya mahal begitu. Hal yang paling bikin aku tertarik pengen beli buku itu karena si Amanda bilang kalo pengarangnya terkenal. “Aku suka denger dia di Hard Rock FM, tentang CareerCoach. Materi-materi yang dibawainnya bagus-bagus.”

Career Snippet

Career Snippet

So, here we go..

Buku ajaib ini langsung menyihirku saat aku buka cover depannya. Di bagian pendahuluannya memang luar biasa. Buku karangan Rene Suhardono ini memang ditujukan untuk manusia-manusia seperti aku ini, yaitu manusia yang sedang mencari passion dalam berkarier. Agar hidup kita makin bahagia dan terpenuhi seluruh kebutuhan kita.

Sungguh kebetulan kurasa. Di saat aku sedang ingin banyak memperbaiki diri, mengembangkan diri untuk lebih baik lagi, terlebih aku juga sedang ingin mengenal dengan baik siapa diri aku ini, buku ini hadir untuk membuka mataku. Buku ini seperti menghipnotisku bahwa sesungguhnya pekerjaan kita bukanlah karier kita. Pekerjaan itu bukan milik kita, tapi milik perusahaan tempat kita bekerja. Kita tidak akan pernah memilikinya. Tapi karier lah yang kita miliki, karena karier adalah sebuah perjalanan, sedangkan pekerjaan hanya sebuah alat di sepanjang karier kita.

Satu hal lagi, agar kita bisa merasa nyaman dengan karier kita, passion itu harus kita temukan terlebih dahulu. Apa sih yang paling bikin kita merasa sangat ingin melakukan itu, yang jika dikerjakan akan ada rasa suka dan menyenangkan. Nah, dari passion itulah, kita bisa merasakan indahnya karier itu. Karier yang bisa membuat kita bahagia dan merasa terpenuhi kebutuhan kita.

Ada hal sederhana yang bisa dilakukan sebelum menemukan passion, yaitu carilah hal-hal apa saja yang menjadi antusias kita. Dan setelah melakukan pemikiran panjang, akhirnya aku menemukannya. Yippi !!!

Hmm,, yang membuat aku antusias itu..

Makan nulis diary cooking
kuliner gosip shopping
nonton fashion update status
ngenet help others Eksis
nyanyi sms Main game
main gitar chatting loving
baca buku ngobrol nulis blog
baca novel berhitung

 

Hahahayy,, jadi maalu. Tapi, sekarang masih dalam perenungan, kira-kira antusias seperti apakah yang bisa menjadi passion aku, sekaligus dapat menjadi values bagi diri aku sendiri.

Nice book..

Thanks Amanda for attracting me..

4 responses »

  1. Hmm,, yang membuat aku antusias itu..
    Makan nulis diary cooking
    kuliner gosip shopping
    nonton fashion update status
    ngenet help others Eksis
    nyanyi sms Main game
    main gitar chatting loving
    baca buku ngobrol nulis blog
    baca novel berhitung

    “ngak ada yang lain ya put…?😀

Tinggalkan Balasan

